Selasa, 07 Agustus 2018

LDKS Advanced PKP JIS

PKP Jakarta Islamic School kembali mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) tingkat Advance bertempat di PKP, dan Bogor pada Selasa - Kamis (24 -26/7/2018). 

Dalam sambutannya, Ketua Umum PKP Jakarta Islamic School, Drs. K.H. Amidhan menyampaikan kunci sukses dalam kepemimpinan yang berlandaskan Alquran

  1. Pertama, berani menyeru kepada kebaikan (ma'ruf). Allah Maha Rahman, pemberi kebaikan. Rahman artinya  kebaikan. Kebaikan yang diberikan Allah tak mengenal suku dan agama. Siapa saja yang berusaha, maka Allah akan memberikan kebaikan dengan kesuksesan. Peserta LDKS, sebagai calon pemimpin tentu harus belajar menebar kebaikan agar dapat menggapai sukses.
  2. Kedua, mencegah perbuatan jahat (munkar). Saat ini kita hidup dalam kepungan kejahatan dari segala arah. Sebagai calon pemimpin, sudah semestinya peserta LDKS siap dengan kondisi yang ada. Bekali diri dengan ilmu dengan landasan iman dan takwa sehingga bukan saja dapat memberantas kejahatan tapi juga mencegahnya.

Selanjutnya, ada lima bekal untuk menjadi calon pemimpin sukses yang dapat disingkat dengan BDKST


Pertama, berani. Seorang pemimpin harus berani. Berani mimpi, ada diskusi berani mengemukakan pendapat, berani pula bertanya. Ketika ada pertemuan, duduk paling depan.

Kedua, disipilin. Disiplin waktu dan dalam memenuhi janji. Buah disiplin adalah trust, kepercayaan. Kepercayaan orang lain kepada kita yang harus selalu dijaga. Trust merupakan modal penting bagi setiap pemimpin.

Ketiga, kerja keras. Dalam konteks pelajar berarti belajar dengan sungguh-sungguh, tidak main-main. Kerja keras ini juga harus dibarengi dengan konsistensi, dijalankan dengan istiqomah, terus menerus.

Keempat, saling bantu, sinergi. Keberhasilan kerja organisasi bukanlah hasil kerja individual, tapi merupakan hasil kerja bersama, team work. Dengan team work yang baik akan menghasilkan karya besar organisasi. Komunikasi yang santun merupakan modal penting dalam team work.

Kelima, tawakal kepada Allah. Apapun yang kita kerjakan pasti ada izin dan ridha dari Allah. Keberhasilan kita juga atas izin Allah. Kita berkewajiban untuk berusaha dengan maksimal dan hasilnya kita serahkan sepenuhnya kepada kehendak-Nya.***


Tongato M Atmowinoto
Sekretaris Umum Yayasan PKP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar