Selasa, 25 Oktober 2016

Budaya






Pengertian Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang secara bersama pada suatu kelompok orang secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang sulit meliputi sistem agama, dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, karya seni, perkakas, dan bangunan. Istilah budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, sebagai bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang diartikan hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Sedangkan, Pengertian Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskerta dari kata sani yang berarti pemujaan, persembahan, dan pelayanan yang erat dengan upacara keagaaman yang disebut dengan kesenian. Dan jika digabungkan pengertian Seni Budaya adalah suatu segala sesuatu yang diciptakan manusia mengenai cara hidup berkembang secara bersama pada suatu kelompok yang mengandung unsur keindahan (estetika) secara turun temurun dari generasi ke generasi.
Maka dari itu dengan menjunjung tinggi seni budaya, Sanggar Seni PKP DKI Jakarta mengadakan Pagelaran Seni Budaya Nusantara yang dilaksanakan pada Selasa, 24 November 2015 lalu bertempat di Aula Al-Kautsar PKP. Tujuan diadakannya kegiatan ini terbagi menjadi dua, yaitu tujuan khusus dan umum. Tujuan khusus dari kegiatan ini adalah sebagai evaluasi hasil pelatihan untuk pengisian nilai rapor setiap satu semester. Sedangkan tujuan umum adalah untuk memotivasi siswa agar aktif dalam mengikuti eskul seni budaya juga sebagai wadah menggali bakat siswa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh unit sekolah yang ada di Yayasan PKP kecuali TK PKP. Dan seni yang ditampilkan pun beragam, dari MI PKP menampilkan Tari Bali yang terdiri dari dua kelompok, Tari Betawi terdiri dari tiga kelompok dimana dua kelompok menarikan Ondel-ondel dan satu kelompok lainnya Tari Sirih Kuning, Rampak Gendang, dan Angklung. Untuk unit MTs menampilkan Arumba, dan Hadroh, SMA PKP menampilkan Tari Saman dan Paduan Suara, SMK 1 menampilkan Tari Saman dan Theater, sedangkan SMK 2 menapilkan Hadroh.
Sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Sanggar Seni, Dra. Suniasih, M.Pd. bahwa dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada siswa bahwa setiap anak memiliki kompetensi yang berbeda-beda. Mereka dapat berkarya dengan kemampuan yang mereka miliki. Tema “aku bisa” mempunyai filosofi yang luar biasa. Kata “bisa” bermakna bahwa semua ilmu apabila dipelajari dengan niat yang baik dan sungguh-sungguh pasti akan diraih dengan sukses. Setelah mengikuti kegiatan ini semoga siswa mau berlatih dengan tekun lagi untuk menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi. Dan dengan dukungan dari kepala sekolah serta orang tua kita semua berharap Sanggar Seni PKP semakin maju.

http://pkpdkijakarta.com/berita-detail/pagelaran-seni-budaya-nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar