Rabu, 21 Maret 2012

Sarasehan seni budaya

Sarasehan Seni Budaya

PKP Jakarta Islamic School, 18 Januari 2012 bertempat di Aula Al – Kautsar menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Pengembangan Pendidikan Seni Budaya. Kegiatan yang merupakan tindak lanjut nota kesepakatan antara PKP dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu bertujuan untuk merumuskan program kerja sebagai realisasi kerjasama untuk tiga tahun ke depan.

Hadir dan memberi sambutan dalam kesempatan tersebut, Bapak Ir. Tb.M. Rais, Ketua Umum Yayasan PKP DKI Jakarta, dan Bapak Dr. Wagiono Sunarto, M.Sc., Rektor IKH. Hadir pula, Bapak Prof. Dr. Agus Suradika, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebagai Keynote Speech sarasehan, Slamet Raharrjo Djarot, Ketua Senat IKJ dan budayawan Indonesia yang sering tampil pada TVRI dan Metro TV. Dalam urainnya, Slamet Raharjo Djarot dengan memukau  menyampaikan filsofi seni dan ajaran – ajaran Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam. Ajaran – ajaran Islam dikemas demikian menarik dalam balutan seni adiluhung sehingga masyarakat dengan latar budaya Hindu – Budha menerima Islam dengan damai. Sebagai hasil sarasehan terumuskannya program kerja untuk tiga tahun kedepan yang terbagi kedalam tiga bidang yakni bidang pendidikan dan pelatihan, bidang produksi seni dan pertunjukkan/pementasan kesenian dan bidang humas promosi dan pendanaan. Pertama, program bidang pendidikan dan pelatihan meliputi : (1) Pelatihan guru seni budaya dan instruktur ekstrakurikuler bidang seni; (2)Worksop tentang sinematografi , melukis dan fotografi; (3) Mengembangkan silabus  mata pelajaran seni budaya setiap jenjang pendidikan dan silabus pengembangan diri seni; (4) Rintisan Kampus PKP sebagai Pusat Kesenian di wilayah Jakarta Timur; (5) Rintisan program studi sinematografi; (6) Rintisan lembaga pendidikan/perguruan tinggi berbasis komunitas; (7) Program pendidikan lanjutan starata satu dan pascasarjana bidang seni.

Kedua, program bidang produksi seni dan pertunjukkan/pementasan kesenian yang meliputi  : (1) Seni pertunjukkan dalam rangka Hari Ulang Tahun PKP dan Hari Pendidikan Nasional, pentas seni musik dan lagu, pentas acara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) / Televisi dan tampil di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ)/Taman Ismail Marzuki (TIM); (2) festival/lomba yang diadakan di dalam dan luar PKP; (3) pameran dan bazaar seni lukis, kriya, fotografi dan sinematografi.

Ketiga, program bidang humas, promosi dan pendanaan yang meliputi (1) inventarisasi calon sponsor; (2) korespodensi dan pertemuan dengan para calon sponsor, menyuguhkan pertunjukkan apresiasi seni; (3) membuat bahan promosi; (4) merintis kerjasama dengan stakeholder; (5)melakukan fund rising; (6) mencari dana dari masyarakat; dan (7) penjualan produk – produk kriya. Pada acara pembukaan, hadirin yang terdiri dekan, para dosen dan staf IKJ serta pengurus, kepala bidang dan kepala unit kerja PKP mendapat  suguhan menarik dari penampilan seni para siswa. Arumba MTs mengawali acara pembukaan, disusul Rampak Gendang  MI, dan diakhiri penampilan Tari Saman SMA. Seluruh penampilan para siswa yang telah mendapat sentuhan Sanggar Seni PKP Jakarta Islamic School tersebut mendapat aplaus hadirin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar